5 Mitos Unik agar Enteng Jodoh

TauGak.com - Pembahasan tentang jodoh dan perkawinan selalu menarik untuk dibicarakan. Perjodohan antara pria dan wanita diwarnai dengan ragam mitos enteng jodoh unik. Terutama dari pihak wanita, banyak di antara mereka yang risau akan jodohnya di masa datang. Tak urung, kedua orangtua pun resah dan mulai mempercayai mitos enteng jodoh yang beredar di masyarakat.

Pada tahap inilah, tak jarang orangtua si wanita melakukan beberapa hal unik yang bisa dipercaya membuat enteng jodoh sang anak. Pun demikian sang wanita, melakukan hal-hal unik agar enteng jodohnya.

Meski terdengar tidak masuk akal, perbincangan tentang mitos unik agar enteng jodoh ini menjadi hal seru. Tak semuanya bisa dipercaya memang, sehingga banyak yang menggangap mitos enteng jodoh itu hanyalah cerita lucu yang tak perlu dipikirkan benar tidaknya.

5 Mitos Unik agar Enteng Jodoh

Meningkatnya pendidikan wanita dan banyaknya arus informasi menjadikan mitos enteng jodoh ini menjadi makin luntur kepercayaannya dan hanya dianggap sebagai cerita biasa.

Apa saja ya, mitos agar enteng jodoh yang banyak dipercayai? Simak kelanjutannya berikut ini :

Cuci Muka Dengan Air Siraman Pengantin

Tradisi ini masih dipercaya sampai sekarang di tanah Jawa Ladies. Mencuci wajah dengan air sisa acara siraman pengantin dianggap akan membuat seorang wanita segera bertemu dengan jodohnya.

Inilah yang membuat ibu-ibu yang memiliki anak perempuan heboh berebut air sisa siraman pengantin wanita. Konon katanya jika ada wanita yang mencuci wajah dengan air sisa siraman ini akan segera menyusul ke pelaminan.

'Mencuri' Bunga Pengantin

Tradisi yang satu ini juga sangat dipercaya di tanah Jawa khususnya di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Di pernikahan adat kedua mempelai akan memakai hiasan pernikahan berupa bunga melati. Konon, siapa yang mencuri kalung atau hiasan melati yang dikenakan pengantin akan segera tertular menuju pelaminan. Kalau kamu wanita maka curilah sekuntum bunga melati yang ada di keris pengantin pria (pengantin pria tidak boleh tahu, namanya juga mencuri).

Lempar Buket Bunga

Yang satu ini berlaku untuk pengantin Indonesia memakai tradisi barat. Dalam prosesi resepsi akan ada acara lempar buket bunga pengantin.

Para single akan berbaris dan menanti lemparan buket bunga dari sang pengantin. Mitos menyebutkan bahwa siapa yang mendapat buket bunga yang dilempar akan enteng jodoh dan segera menyusul ke pelaminan.

Berendam di Air Terjun

Indonesia memang banyak sekali terdapat air terjun. Banyak juga air terjun yang memiliki kisah tertentu. Ada beberapa air terjun yang berkisah mempertemukan pria dan wanita yang akhirnya berjodoh. Ini yang menyebabkan timbul mitos-mitos tertentu.

Banyak mitos yang menyebutkan bahwa mencuci muka atau mandi dengan air terjun atau mata air tertentu bisa membuat enteng jodoh. Salah satu air terjun yang terkenal bisa membuat enteng jodoh adalah air terjun Curug Putri yang ada di Cirebon.

Memegang Belut Raksasa

Mitos ini dipercaya oleh masyarakat di Ambon, Maluku Tengah. Ada sebuah kolam yakni Kolam Mata Air Negeri Waai. Di sana ada sebuah kolan yang sangat jernih dengan belut raksasa seukuran paha anak-anak. Tidak mudah untuk melihat belut di sana Ladies. Disebutkan bahwa jika seseorang belum menikah berhasil memegang belut tersebut ia akan enteng jodoh.

Itu sekian mitos enteng jodoh yang banyak beredar di masyarakat. Percaya nggak kamu?


Jangan lupa share artikel TauGak.com melalui tombol share dibawah ini.
5 Mitos Unik agar Enteng Jodoh 5 Mitos Unik agar Enteng Jodoh Reviewed by Awidya Firsiades Alin on 16.41 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.