Temboko Lehi, Pantai Air Panas Satu-satunya di Indonesia

TauGak.com - Tak hanya panas, air pantainya pun tidak asin seperti air pantai pada umumnya.

Pantai berpasir putih dan berair jernih mungkin sudah sering Anda lihat. Tapi bagaimana dengan pantai berair panas?

Berbeda dari kebanyakan, Pantai Temboko Lehi di Sulawesi Utara memiliki air yang bersuhu panas. Bahkan Temboko Lehi disebut merupakan satu-satunya pantai air panas di Indonesia.

Berjarak 137 kilometer dari Manado, membuat pantai yang biasa disebut Pantai Lehi ini belum banyak tersentuh oleh wisatawan. Tapi banyak backpacker akhirnya berhasil menemukan pantai yang berada di Kecamatan Siau Barat, Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) itu.

Temboko Lehi, Pantai Air Panas Satu-satunya di Indonesia

Perjalanan mneuju pantai dapat ditempuh dengan perahu dari Pelabuhan Manado selama empat jam.

Pantai Lehi ini ternyata terletak di kaki gunung api Karengetang yang masih aktif. Karena itulah di sepanjang garis pantai, air akan terasa panas. Bagi yang suka bermain istana pasir, dapat menyaksikan uap air panas muncul dari dalam galian pasir.

Bahkan hebatnya lagi, air lautnya pun tidak asin seperti air laut pada umumnya. Sehingga membuat ikan-ikan tidak berani mendekat dan hidup di kawasan perairan Pantai Lehi.

Telur mentah pun bisa matang jika dicelupkan ke pantai ini. Hal itu menandakan jika suhu air sangat panas, sehingga para wisatawan tidak diperbolehkan sembarangan masuk ke dalam pantai. Bila ingin berenang dapat menuju sebuah kolam kecil yang ada di sekitar pantai.

Kolam tersebut merupakan bak pemandian yang telah lama digunakan oleh warga setempat untuk keperluan mandi. Jangan khawatir, karena air di kolam tersebut tidak terlalu panas namun cukup hangat.

(Dari berbagai Sumber)


Jangan lupa share artikel TauGak.com melalui tombol share dibawah ini.
Temboko Lehi, Pantai Air Panas Satu-satunya di Indonesia Temboko Lehi, Pantai Air Panas Satu-satunya di Indonesia Reviewed by Awidya Firsiades Alin on 15.11 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.