8 Langkah: Panduan Anda untuk Pengembangan Game Seluler yang Sukses

8 Langkah: Panduan Anda untuk Pengembangan Game Seluler yang Sukses

Daril Pratomo
Sabtu, 11 Mei 2019



Game mobile adalah pasar besar untuk potensi pendapatan. Ada banyak kisah sukses yang tak terhitung jumlahnya seperti Angry Birds, Candy Crush, Clash of Clans, Flappy Bird, dll. Mereka telah menginspirasi jutaan orang untuk mengambil inisiatif dalam pengembangan game mobile. Menurut Admob, 62% pengguna ponsel pintar memasang game dalam minggu pertama pembelian perangkat mereka. Ini merupakan potensi pasar yang sangat besar. Namun, hanya beberapa game seluler yang dapat memulihkan pengeluaran pengembangan mereka. Mengembangkan game seluler yang sukses bukanlah cara mudah. Untuk membuat game yang menguntungkan, Anda perlu mempelajari target pasar Anda, membuat gameplay yang menarik dan menghasilkan uang secara strategis. Untuk mempermudah proses ini bagi Anda, kami telah memecah proses pengembangan game seluler menjadi 8 langkah sederhana. Cukup ikuti mereka dengan cermat dan Anda akan dapat membuat tanda Anda di industri game mobile.

Berikut Merupakan 8 Langkah: Panduan Anda untuk Pengembangan Game Seluler yang Sukses.

1. Keluarkan Semua Ide-mu


Ide adalah langkah paling kompleks dan penting untuk membuat game seluler yang sukses. Agar game seluler bisa sukses, penting didasarkan pada ide yang mematikan. Sayangnya, tidak ada proses langsung yang dapat diikuti untuk menghasilkan ide-ide baru. Kunci untuk menemukan ide adalah memikirkan sesuatu yang inovatif dan menarik. Idenya harus menarik khalayak ramai untuk membantu Anda menghasilkan keuntungan.

Teknik yang umum adalah mengimprovisasi ide yang sudah ada alih-alih memikirkan ide baru dari awal. Candy Crush dan Diamonds adalah contoh cemerlang dari improvisasi. Game Puzzle and Match 3 berada di dunia game untuk waktu yang lama, tetapi game-game ini bukan sekadar tambahan untuk genre match 3. Dengan menggunakan barang-barang seperti berlian dan permen, mereka menciptakan jenis pengalaman baru dan karenanya menjadi sangat populer.

2. Buat Jalan Cerita yang Menarik

Cerita berjalan jauh di dunia game. Pemain Anda akan membutuhkan tujuan untuk menyelesaikan permainan dan untuk itu, mereka akan membutuhkan cerita betapapun sederhananya. Padahal, membuat cerita tidaklah sulit. Untuk membuatnya cukup jawab pertanyaan-pertanyaan berikut tentang karakter Anda dan Anda akan mendapatkan cerita untuk game Anda:

  • Siapa pahlawan dan penjahat dalam cerita itu?
  • Apa kekuatan dan kelemahan mereka?
  • Mengapa mereka saling bertarung?
  • Bagaimana pahlawan mencapai kemenangan?

3. Buat Semudah Mungkin Namun Adiktif

Sedikit kecanduan akan membantu mempertahankan pengguna ke gim Anda. Ada beberapa elemen mudah yang membantu membuat kecanduan game. Permainan Anda harus mudah dan menyenangkan dengan tingkat kesulitan yang meningkat secara bertahap. Juga, pemain cenderung kehilangan minat dalam permainan yang panjang. Agar mereka tetap terlibat, buat level pendek dengan banyak konten yang tidak bisa dibuka. Dalam jangka panjang, Anda dapat mempertahankan pengguna dengan pembaruan dan freebies yang sering pada hari libur dan kesempatan.


4. Identifikasi Platform utama

Untuk mengembangkan apa pun di ponsel, Anda harus memutuskan platform. Pilihan di antara Android, iOS, Blackberry, dan Windows itu adalah dilema yang sangat mendesak. Sementara Blackberry dan Windows biasanya diabaikan pilihan inti bermuara pada Android atau iOS. Sangat mudah untuk menghindari pertanyaan sama sekali dan menggunakan model hybrid tetapi akan ada biaya tambahan yang terlibat dalam mengembangkan game untuk berbagai platform. Faktor penentu tentang permainan Anda harus menjadi target pasar Anda. Fokus pada OS di mana pemain paling menguntungkan Anda akan menggunakan dan memprioritaskannya. Jika Anda berpikir bahwa pasar Anda tersebar di berbagai platform maka hanya memilih lebih dari satu OS seluler.

5. Buat Desain yang Menakjubkan
Membuat desain game jauh lebih rumit daripada membuat satu untuk aplikasi. Desain gim yang baik mempertimbangkan banyak faktor seperti kisah yang mengarahkan gim, karakter, dan penampilan akhir. Desain gim Anda bisa menjadi faktor pembeda yang hebat antara gim Anda dan pesaing Anda. Ketika datang ke desain game, kemungkinan tidak terbatas desain Anda dapat sesederhana desain datar atau gaya komik dengan tata letak 3D.

Catatan: Penting untuk menjaga berat elemen desain Anda seminimal mungkin. Jika detail rumit dalam desain akhirnya berdampak pada kinerja gim Anda, maka itu akan sangat kontraproduktif. Selalu pastikan untuk menjaga berat desain minimal sambil memastikan pengalaman pengguna yang baik.

6. Putuskan Strategi Monetisasi

Ada banyak game yang tidak menguntungkan. Anda perlu merencanakan strategi monetisasi game Anda sebelum memulai dengan pengembangan. Mengembangkan game bisa mahal dan menghabiskan waktu untuk platform apa pun. Jadi, Anda harus memiliki rencana untuk memulihkan investasi. Berikut adalah beberapa cara umum untuk memonetisasi game seluler:

  • Pembelian dalam aplikasi: Model Freemium adalah metode yang paling umum untuk monetisasi game seluler. Meskipun pembelian ini hanya akun sekitar. 2% di Android (sedikit lebih banyak di iOS), ini adalah cara yang efektif untuk mendapatkan penghasilan dari pemain.
  • Iklan dalam aplikasi: Ada banyak game yang menggabungkan iklan dengan pembelian dalam aplikasi. Ini strategi yang hebat karena tidak satu pun dari strategi ini yang dapat menghasilkan pendapatan besar. Jangan lupa untuk memberikan penekanan khusus pada konten iklan karena jika tidak terkait atau mengganggu maka hasilnya akan menjadi kontraproduktif.
  • Versi premium: Versi premium menawarkan uji coba atau demo gratis dan meminta pemain membayar untuk penggunaan lebih lanjut. Anda juga dapat meminta pembayaran langsung tetapi itu akan secara signifikan mengurangi jumlah pembelian.


7. Tentukan Teknologi

Setelah Anda memiliki ide gim Anda, langkah selanjutnya melibatkan pengembangan. Di sini Anda akan memutuskan alat desain utama untuk digunakan dan jenis permainan yang perlu Anda kembangkan. Anda harus membuat pilihan antara 3 jenis proses pengembangan ini:

  • Pengembangan game seluler asli melibatkan penggunaan bahasa yang berasal dari platform perangkat untuk pengkodean. Misalnya, menggunakan Java untuk Android atau Swift untuk iOS. Jika Anda mencari kinerja maka pengembangan asli adalah pendekatan masuk ke.


  • Pengembangan game seluler HTML5 menggunakan teknologi web standar - HTML5, JavaScript, dan CSS. HTML 5 menggunakan pendekatan menulis-sekali-jalankan-di mana saja yang bekerja dengan baik untuk pengembangan lintas platform. Ada beberapa batasan seperti manajemen sesi, pengamanan penyimpanan offline, dan akses ke fungsionalitas perangkat asli (kamera, kalender, geolokasi, dll.). Secara keseluruhan itu adalah pilihan yang bagus untuk mini-game.


  • Pengembangan game seluler hibrida menggabungkan manfaat model asli dan HTML. Ini menggunakan desain HTML 5 di dalam sel kontainer untuk menjalankan game di platform apa pun.


Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan kit pengembangan game seluler yang dapat membuat game mobile lintas platform tanpa perlu pengkodean yang berlebihan dan dapat berjalan dengan lancar di platform apa pun. Alat-alat ini mempercepat proses pengembangan dan memungkinkan pengembangan yang hemat biaya.


8. Pilih Pengembang yang Tepat

Langkah utama menuju pengembangan game seluler yang sukses adalah memilih pengembang game yang terampil. Anda memerlukan pengembang yang memiliki keterampilan yang diperlukan untuk mengubah ide Anda menjadi bisnis yang menguntungkan. Pengembangan game seluler sangat kompleks dan Anda akan membutuhkan pengembang yang berpengalaman untuk mendukung inisiatif Anda.

Dengan pengalaman nyata dalam menggarap teknologi seluler selama 10+ tahun, kami dapat menangani proyek dalam berbagai ukuran. Jika Anda mencari pengembang untuk membentuk inisiatif pengembangan Anda, jangan ragu untuk menghubungi kami.