Cara Mengatur dan Menginstal Printer Komputer



Printer komputer tidak berfungsi sampai Anda menginstal driver dan perangkat lunak yang disertakan. Jika Anda kehilangan CD untuk printer Anda, Anda dapat mengunduh driver untuk printer Anda dan menggunakan driver untuk menginstal printer Anda. Daftar produsen printer dan tautan ke halaman driver terkait ada di halaman driver printer kami.

Menghubungkan Printer Ke Komputer

Hubungkan printer ke komputer baik menggunakan kabel USB, kabel port paralel, atau kabel SCSI dan kemudian hubungkan steker listrik ke stopkontak. Saat ini, sebagian besar semua printer komputer di rumah menggunakan kabel USB yang mirip dengan contoh gambar.

Tips
Jika ini adalah printer jaringan, sambungkan printer ke jaringan nirkabel atau koneksi RJ-45.
Catatan

Komputer laptop berfungsi dengan cara yang sama seperti desktop dan dapat menggunakan koneksi apa pun di atas jika tersedia.
Catatan

Pengguna smartphone dan tablet harus memiliki printer yang dapat terhubung ke perangkat secara nirkabel atau melalui Internet untuk mencetak.

Atur Printer Dan Install Perangkat Lunak

Setiap printer harus dilengkapi dengan perangkat lunak yang digunakan untuk menginstal printer di Windows atau sistem operasi Anda.

1. Setelah semuanya terhubung, hidupkan komputer.


2. Masukkan CD yang disertakan dengan printer. Jika CD tidak mulai secara otomatis, buka Komputer Saya, klik dua kali pada drive CD, dan kemudian klik Setup atau Instal file. Jika Anda telah mengunduh driver, jalankan file setup yang diunduh.

3. Ikuti panduan instalasi dan setelah selesai, perangkat lunak Anda diinstal.

4. Uji printer untuk memastikan printer itu berfungsi.

Komputer tanpa drive CD

Jika komputer Anda tidak memiliki drive disk atau Anda kehilangan CD, Anda dapat mengunduh perangkat lunak untuk printer Anda dari halaman driver printer manufaktur. Setelah driver diunduh, Anda dapat menjalankan file untuk menginstal driver.

Menginstal printer hanya menggunakan driver

Jika Anda hanya ingin printer diinstal dan tidak ada program perangkat lunak tambahan, Anda hanya dapat menginstal driver printer dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Tip

Daftar driver dan perangkat lunak printer ada di halaman driver printer kami.

Catatan

Jika Anda telah menginstal printer melakukan langkah-langkah di atas, langkah-langkah ini seharusnya tidak diperlukan kecuali Anda mengalami kesalahan.

1. Dengan printer terhubung dan dihidupkan, buka Panel Kontrol.

2. Di Panel Kontrol, klik dua kali ikon Printer atau Printer dan Faks.

3. Di jendela Printer, klik ikon Tambahkan printer.

4. Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, Anda akan melihat Wisaya Pencetak Windows. Klik Berikutnya untuk memulai wizard.

5. Selanjutnya, Anda memiliki pilihan untuk menginstal printer Lokal atau Jaringan. Jika printer terhubung ke komputer Anda, pilih Printer lokal yang terpasang pada komputer ini dan klik Next.

6. Saat diminta untuk lokasi driver printer, ramban ke direktori driver Anda atau arahkan ke CD printer.

Menguji printer

Setelah printer diinstal, Anda dapat menggunakan Windows untuk mencetak halaman swauji untuk membantu memverifikasi printer berfungsi.

Pengguna Microsoft Windows

1. Buka Control Panel.

2. Klik dua kali ikon Perangkat dan Printer, Printer, atau Printer dan Faks.

3. Klik kanan pada Printer yang ingin Anda uji dan klik Properties. Jika Anda tidak melihat printer Anda, printer Anda tidak diinstal.

4. Di jendela Printers Properties, klik tombol Print Test Page.

5. Jika printer dapat mencetak halaman uji, printer Anda diinstal dan diatur dengan benar. Namun, jika Anda tidak dapat mencetak dalam program lain, program yang Anda coba cetak memiliki masalah.

0 komentar